7 Cara Mencegah Dan Mengatasi Virus Pada Komputer dan Laptop

iToday - Setiap pemiliki dan pengguna Laptop biasanya sangat takut sekali dengan yang namanya Virus. Apalagi kalau orang awam, sedikit – sedikit bilang komputer error atau rusak terkena Virus. Bahkan sampai tidak boleh di colokin Flashdisk orang lain karena takut ada virus masuk ke Laptop yang dimilikinya.

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Cara Mencegah Masuk-nya Virus Pada Komputer Windows

Kita sebagai pengguna Laptop dengan operating system Windows, tentu tidak ingin adanya Virus merusak File yang tersimpan pada harddisk, terutama Virus Shortcut yang sering kali hadir menjumpai Flashdisk teman – teman anda dan pada akhirnya malah merusak semua dokumen yang anda miliki.

Secara alamiah virus pasti harus di cegah, dan pada perangkat teknologi seperti Laptop virus juga harus di cegah pula, terutama virus seperti Worm, Trojan, Backdoor, Spyware, Rogue, Rootkit, Polymorphic virus, dan Metamorphic virus. Jenis virus yang saya sebutkan tersebut sangat mudah untuk masuk ke komputer atau laptop, maka dari itu, anda harus mencegahnya. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Waspada Terhadap Media Penyimpanan seperti Flahdisk dan Memori Card

Virus paling banyak masuk pada media penyimpanan seperti Flashdiks ataupun Memori Card. Waspada-lah pada kedua media penyimpanan removable tersebut. Jika misalnya Laptop anda di tancapin dengan Flashdisk teman anda, pastikan anda scan penuh dengan antivirus terbaik. Jangan hanya mengandalkan antivirus lokal seperti Smadav, karena itu hanyalah antivirus gratisan yang tidak cukup baik.

Jenis antivirus yang sering ada pada Flashdisk biasanya yakni Autorun atau virus shortcut. Virus jenis ini sering kali merusak dokumen, menjadikan semua dokumen apapun seperti Shortcut dan tidak bisa dibuka. Virus ini sulit sekali dihapus jika anda hanya mengandalkan antivirus lokal, solusi terbaik yakni gunakan antivirus populer seperti AVG atau Avira.

2. Jangan Mendownload Sofware Sembarangan

Dari beberapa sumber yang saya dapatkan, komputer atau laptop yang sering digunakan untuk mengakses internet memiliki resiko tinggi terkena Virus. Berbeda dengan komputer yang jarang digunakan untuk mengakses Internet. Virus yang biasanya masuk melalui Internet yakni Worm, Trojan, dan malware.

Untuk menghindari resiko terkena virus, alangkah baiknya anda mengunduh file ataupun software dari situs terpercaya atau bisa langsung mengunduh software dari situs resmi. Biasanya ada software yang memang harus beli dan ada juga software yang bisa digunakan secara gratis. Tergantung dari keunggulan dari software itu sendiri.

Untuk lebih amannya juga, anda bisa memasang Firewall sebagai dinding pembatas atau filter pada semua file yang masuk ke Komputer atau Laptop yang anda miliki. Firewall bisa dari software antivirus seperti AVG dan Avira. Namun untuk mendapatkan Firewall, anda harus membelinya sesuai dengan harga yang telah di tentukan.

3. Lakukan Scanning Pada Laptop Anda Secara Berkala

Anda bisa scanning komputer anda secara rutin minimal satu bulan sekali. Hal ini bisa menjadi cara terbaik mencegah infeksi virus pada dokumen – dokumen penting anda. Kita tidak pernah tahu kapan virus masuk pada laptop, bisa melalui Flahdisk teman dan bisa juga melalui internet.

4. Usahakan Selalu Update Program Antivirus

Untuk mendapatkan informasi terbaru dari Virus – Virus yang telah muncul di Internet, usahakan anda selalu meng-update antivirus, bisa sehari sekali atau seminggu sekali. Hal ini bertujuan supaya Antivirus anda mendapatkan tambahan daftar virus dan fitur terbaru dari program antivirus itu sendiri.

5. Pastikan Firewall Dalam Keadaan Aktif

Firewall bisa menjadi dinding atau tembok penghalang saat adanya virus, hacker, ataupun malware yang ingin menyerang komputer kita. Secara otomatis, firewall akan memblokir semua hal mencurigakan yang masuk ke komputer melalui media jaringan Internet. Dan Firewall juga selalu melindungi kita saat kita sedang Browsing mencari informasi – informasi yang kita butuhkan.

6. Kompress File Penting Anda Dalam Bentuk ZIP atau RAR

Jika misalnya anda memiliki file yang sangat penting untuk anda jaga, alangkah baiknya anda melakukan Backup pada file yang anda miliki tersebut. Hal ini bertujuan supaya Virus tidak bisa menginveksi Dokumen yang anda miliki. Sangat jarang ada virus yang bisa merusak file ZIP dan RAR, tapi sebenarnya ada walaupun hanya sedikit.

Tingkatan virus menginveksi file dokumen akan semakin kecil jika anda mengkompres file menjadi RAR dan ZIP. Terlebih lagi, jika anda telah memasang Firewall, tentu Komputer dan Laptop anda akan jauh lebih aman.

7. Cukup Gunakan Satu Antivirus

Jika misalnya ada rekomendasasi lain menggunakan dua antivirus, tapi kalau saya alangkah baiknya menginstall satu antivirus saja. Mengapa? Karena jika anda menginstall lebih dari satu seperti misalnya anda install AVG dan Avira maka akan membuat komputer dan laptop serasa berat. Proses Booting sistem juga terbilang akan lebih lama jika anda menginstall keduanya.

Gunakan saja satu antivirus saja namun yang terbaik, walaupun harus membeli dengan harga yang mahal. Anda tidak perlu repot menginstall banyak antivirus, karena bukan membuat laptop anda aman tetapi malah akan membuat laptop anda lelet dan lemot.

Dengan menerapkan metode – metode diatas, semoga nantinya Laptop anda akan jauh lebih aman dari serangan virus. Jika anda menggunakan Laptop dengan normal – normal saja, saya rasa anda tidak perlu khawatir masalah Virus dan Malware.

Berikut Daftar Virus Yang Perlu Anda Waspadai:

·         Worm - Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.

·         Trojan - Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.

·         Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.

·         Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.

·         Rogue - merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.

·         Rootkit - Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.

·         Polymorphic virus - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.

·         Metamorphic virus - Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.

·         Virus ponsel - Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.(iwk)

 

 

Ngawidian.com

Tags #virus

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 16 November 2017 - 11:54 WIB

AS Panik Dapat Kiriman Virus Hidden Cobra dari Korut

Kamis, , 20 Juli 2017 - 11:37 WIB

Wenger: Arsenal Terserang Virus

Jumat, , 26 Mei 2017 - 14:08 WIB

Sekolah SMA Blackburn Diserang Virus WannaCry

Telah dilihat : 1917 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1889 kali

sahabat total episode 1