7 Aplikasi Perekam Suara Android Paling Jernih dan Berkualitas

iToday - Merekam Suara adalah salah satu kegiatan yang memang tidak terlalu sering dilakukan oleh para pengguna Android. Setiap pengguna Android tentunya memiliki alasan yang berbeda – beda saat ini merekam suara. Bisa jadi rekaman tersebut bertujuan tertentu, misalnya ingin bernyanyi, wawancara, atau bisa juga ingin tilawah al-qur’an.

Smartphone Android sebenarnya telah dilengkapi dengan fitur/ aplikasi ‘Record’. Tetapi aplikasi tersebut menghasilkan suara yang tidak sesuai dengan suara aslinya atau bisa dibilang kualitasnya kurang bagus. Jika smartphone Android yang anda miliki berkualitas sangat baik tentu hasil suara yang dihasilkan juga akan baik pula. Rekaman suara tidak hanya tergantung pada Aplikasi saja, tetapi tergantung pula pada hadware record itu sendiri.

Daftar Aplikasi Perekam Suara Android Terbaik dan Terpopuler

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa Aplikasi Record Atau Aplikasi Perekam Suara Android Gratis Dengan Kualitas Jernih. Aplikasi yang saya reviews kali ini saya ambil langsung dari Google Play Store yang tentunya sudah memiliki rating yang cukup baik. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak beberapa aplikasinya berikut ini.

1. Perekam Suara (Green Apple Studio)

Aplikasi Recording pertama yang bisa saya rekomendasikan yakni perekam suara yang dikembangkan oleh Green Apple Studio. Aplikasi ini sangat jernih dalam merekam suara, tingkatan dari kualitas rekaman bisa anda atur sesuai keinginan anda. Dan untuk jenis rekaman akan terbentuk dalam format MP3 dan OGG. Interface dari Aplikasi ini sangat sederhana, dan ringan saat digunakan. Tertarik mencoba, unduh gratis Aplikasi Perekam Suara melalui Google Play Store.

2. Smart Voice Recorder

Aplikasi perekam suara berikutnya yakni Smart Voice Recorder yang dikembangkan oleh developers dari SmartMob. Aplikasi cukup baik dalam merekam suara manusia, sangat jernih, dengan kualitas yang sangat baik pula. Interface dari Aplikasi Smart Voice Recorder sangat cocok bagi pengguna tablet, tetapi bisa juga digunakan pada smartphone. Tersedia pula fitur sharing yang dapat anda manfaatkan untuk berbagi rekaman melalui WhatsApp, Email, Dropbox, dan lainnya. Tertarik mencoba, unduh aplikasi Smart Voice Recorder melalui Google Play Store secara gratis.

3. Perekam Suara (Splend Apps)

Aplikasi recording berikutnya yakni Perekam Suara yang dikembangkan oleh Splend Apps. Aplikasi ini cocok untuk merekam berbagi momen penting seperti misalnya catatan suara dan memo, pertemuan bisnis, wawancara, ceramah, pidato, konser, atau apa pun. Perekam suara ini menyediakan rekaman kualitas tinggi tanpa batas waktu (hanya dibatasi oleh ukuran memori). Perekam audio ini bekerja dengan baik pada smartphone dan tablet, dengan dan tanpa penyimpanan eksternal. Tertarik mencoba Perekam Suara yang dikembangkan oleh Splend Apps, unduh gratis melalui Google Play Store.

4. Perekam Suara AudioRec

Perekam Suara AudioRec merupakan aplikasi recording Android terbaik yang mampu merekam suara dengan kualitas yang sangat baik. Perekam audio ini memiliki antarmuka yang sangat intuitif dan mudah digunakan serta memungkinkan untuk merekam dan memutar audio. Dengan Perekam Suara ini, anda bisa merekam berbagi hal yang anda anggap penting seperti konser, wawancara, pertemuan bisnis, meeting, tilawah qur’an, dan hal – hal menarik lainnya.

Fitur Utama:

  • Format WAV - PCM, 3GPP - AMR dan MP4 - AAC didukung.
  • Merekam audio di background(bahkan dengan tampilan layar mati).
  • Pilihan Rekaman Mulai/Pause/Lanjutkan/Batalkan.
  • Pilihan untuk menambahkan(melanjutkan) rekaman video yang sudah ada(hanya untuk file WAV).
  • Rekaman mono dan stereo (untuk perangkat yang mendukung rekaman stereo).
  • Gain (Anda bisa menyesuaikan volume mikrofon sehingga bisa merekam lebih keras) – hanya untuk format WAVE/PCM.
  • Sample rate yang didukung: 8 kHz, 11 kHz, 16 kHz, 22 kHz, 32 kHz, 44.1 kHz, 48 kHz.
  • Ini bisa merekam menggunakan mikrofon yang digunakan oleh kamera(mic depan) untuk suara yang lebih jernih dan keras (jika ponsel Anda memiliki mikrofon ini).
  • Memungkinkan untuk menggunakan folder khusus untuk rekaman.
  • Tiap file rekaman bisa diganti nama, dibagikan, dijadikan nada dering, dihapus.
  • Rekaman bisa diberi nama menggunakan waktu sekarang sebagai nama atau Anda bisa menggunakan penamaan khusus.
  • Rekaman & Memutar kembali bisa dikontrol menggunakan tombol notifikasi (untuk android 4.1+).
  • Perekam audio bisa dikontrol menggunakan widget home dan widget lockScreen(untuk perangkat yang didukung).
  • Dll.

5. Voice Recorder HD

Voice Recorder HD adalah perekam suara berfitur lengkap terbaik untuk Android dengan antarmuka cantik bagi para pebisnis, audio profesional, sound engineer, jurnalis, dosen, pelajar/mahasiswa dan siapapun yang ingin mengelola memo suara. Voice Recorder HD mempermudah anda dalam merekam suara dengan antarmuka yang simpel dan ramah pengguna.

Fitur Utama:

  • Perekaman audio kualitas tinggi dengan durasi yang cukup lama (Diuji hingga 2 jam).
  • Perekaman latar (Anda dapat membuka aplikasi lain selagi merekam).
  • Kemampuan untuk mengatur kualitas audio (Rendah:8KHZ, Sedang:22,05KHZ, Tinggi:44,1KHZ).
  • Mendukung semua OS(Mac, WIndows, Linux, dll) untuk pemutaran.
  • Berbagi memo suara lewat surel dan aplikasi lain.
  • Unggah ke Dropbox dari dalam aplikasi.
  • Transfer berkas audio ke komputer (PC/Mac) menggunakan USB.
  • Mendukung mic eksternal untuk merekam suara jarak jauh. Fitur ini cocok untuk sound engineer, vokalis dan jurnalis.
  • Cepat dan simpel untuk digunakan.
  • Dll.

6. Audio Recorder

Audio Recorder adalah aplikasi resmi Sony Audio Recorder. Aplikasi Audio Recorder ini memudahkan untuk merekam dan pemutaran audio pada smartphone atau tablet. Aplikasi ini tersedia fitur umum yang intuitif dan mudah untuk anda gunakan untuk merekam, pause, audio editing, pengaturan perekaman dan fungsi lainnya. Tertarik mencoba Audio Recorder, unduh gratis melalui Google Play Store.

7. Perekam Suara Super

Perekam Suara Super merupakan aplikasi recording Android yang super keren dan sangat berkualitas. Dengan Aplikasi ini, anda bisa mengubah suara menjadi audio MP3 dengan durasi yang cukup lama hingga berjam-jam. Aplikasi ini tersedia tujuh kualitas audio yang berbeda – beda, yang tentunya bisa anda pilih sesuai keinginan anda. Anda juga bisa dengan mudah mengelola rekaman yang ada pada aplikasi ini. Tertarik mencoba Perekam Suara Super, unduh gratis melalui Google Play Store.

Ngawidian.com

 

 

Tags #aplikasi

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1472 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1424 kali

sahabat total episode 1