Inilah Bahaya Mencabut Flashdisk Tanpa Safely Remove Hardware

iToday - Mungkin beberapa dari kita sering bingung mengenai masalah Flashdisk tanpa Safely Remove Hardware. Apakah hal tersebut termasuk bahaya atau tidak, mungkin anda sendiri pasti masih merasa bertanya – tanya. Dari Komputer atau Laptop yang kita miliki sudah pasti tersedia fitur Eject, dan yang pasti fitur tersebut muncul saat anda mencolokkan Flashdisk ke Port Komputer.

Secara logika jika pencipta atau created dari Sistem Operasi saja membuat fitur Eject atau Safely Remove Hardware tentunya ini pasti berguna atau bahkan harus digunakan. Maka dari itu saya akan jelaskan secara singkat mengenai masalah Flashdisk yang dicabut tanpa Safely Remove Hardware.

Flashdisk merupakan salah satu alat atau media penyimpanan yang bersifat portable dan tentunya bisa dibawa kemana – mana. Harga Flashdisk sendiri juga relatif murah dan sangat pas dikantong masyakat Indonesia mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu. Sebagaian dari kita pasti sering menggunakan Flashdisk dalam kehidupan sehari – hari baik pekerjaan kantor atau tugas dari dosen

Apa Tujuan dari Adanya Fitur Safely Remove Hardware?

Perlu anda ketahui bahwa media penyimpanan yang memang sudah jarang digunakan seperti pemutar CD (CD-ROM, CD-RW, DVD-RW, dsb), pembaca disket, dan perangkat pembaca media penyimpanan eksternal lainnya lebih aman saat digunakan karena tidak akan ada data yang hilang saat perangkat tersebut langsung dicabut secara tiba – tiba atau mendadak. Secara fisik tombol eject pada media penyimpanan tersebut pasti berupa tombol pada bagian Casing CPU atau jika pada Laptop pasti dibagian samping.

Ketika anda membuka atau membaca sebuah file yang ada pada CD, atau memindah file dari CD ke Komuter, kemudian anda tekan tombol Eject secara fisik maka CD tersebut tidak akan langsung keluar, melainkan akan diblock karena ada proses yang terjadi dan berhubungan dengan file yang ada CD tersebut.

Lalu Apa Fungsi dari Safely Remove Hardware Pada Windows Explorer?

Dengan perkembangan terkonologi semakin canggih dan semakin maju, Tombol Eject sudah sangat basi dan bahkan jarang digunakan. Adanya USB Flashdisk menjadi pengaruh besar bagi dunia teknologi, terutama Laptop dan Komputer. Secara fisik, tombol Ejecat untuk USB Flasdisk tidak pernah ada, maka dari itu sistem operasi Windows dan lainnya menggantikan tombol Eject secara Sofware yang muncul disaat anda menancapkan Flashdisk ke Komputer.

Intinya adalah Eject pada Flashdisk difungsikan sebagai pengganti eject Tombol dan bisa juga digantikan sebagai fitur pengingat untuk memberi tahu sistem bahwa pengguna ingin mencabut Flashdisk.

Apakah Berbaya Tidak Melakukan Eject Pada Flasdisk?

Jika dibilang berhaya bisa dibilang iya dan bisa dibilang tidak, tidak ada efek secara langsung mengenai bahaya tidak melakukan eject, tapi alangkah lebih baiknya kita harus membiasakan diri untuk melakukan eject saat anda ingin mencabut flashdisk. Dari beberapa sumber yang saya temukan bahwa ada bahaya yang harus diperhatikan jika Flashdisk dicabut tanpa Safely Remove Hardware. Dapat membuat flashdisk corrupt, Dapat membuat flashdisk kita error dan susah di format, Dapat membuat flashdisk kita susah tidak terdeteksi, dan terakhir dapat menurunkan kinerja flashdisk itu sendiri.

Maka dari itu untuk menghindari kerusakan atau error yang terjadi pada Flashdisk, sebaiknya lakukan eject terlebih dahulu dan barulah anda mencabut flashdisk kesayangan anda.

Itulah ulasan singkat mengenai bahaya mencabut flashdisk tanpa safety remove, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Ngawidian.com

 

 

 

Tags #flashdisk

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 162 kali

sahabat total episode 3

Telah dilihat : 273 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 263 kali

sahabat total episode 1

Telah dilihat : 392 kali

Nokia hadir di MWC 2017