Serangan Ransomware di Android Meningkat 50%

itoday - Serangan ransomware yang menargetkan pengguna Android telah meningkat lebih dari 50% hanya dalam satu tahun. Banyak pengguna terkena serangan tersebut.

Menurut peneliti cybersecurity di ESET, ransomware Android telah meningkat lebih dari 50% hanya dalam satu tahun. Sesuai namanya, ransomware merupakan jenis malware yang menuntut uang dalam pertukaran beberapa informasi yang telah dibajak.

Dikarenakan itu merupakan cara yang relatif baru untuk mengeruk uang, sehingga banyak korban yang berjatuhan. Tak hanya itu, kini cara tersebut menjadi populer bagi hacker dan operator malware untuk menyerang pengguna smartphone, seperti dilaporkan Android Authority, Rabu (22/2/2017).

Sayangnya, OS Android menjadi target utama dalam serangan-serangan berbahaya karena OS diyakini lebih rentan dibanding pesainganya, iOS. Bahkan, menurut data yang diterbitkan oleh ESET, jumlah serangan ransomware ditargetkan pada pengguna Android terus meroket hanya dalam satu tahun, puncaknya pada semester pertama 2016.

Serangan ini bisa berasal dari berbagai sumber, tetapi sering kali mereka bersembunyi di dalam aplikasi yang belum diverifikasi. Aplikasi antivirus palsu misalnya, bisa menjadi malware yang menginfeksi ponsel Anda.

Di samping itu, menurut penelitian, 72% serangan ransomware sukses ditargetkan pada pengguna Android Amerika Serikat (AS). Alasannya sederhana, pengguna Android AS lebih kaya dibanding pengguna Androdi di seluruh dunia.

 

Sumber: Okezone.com

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 20 Oktober 2017 - 01:18 WIB

Ransomware DoubleLocker Incar Android

Telah dilihat : 1917 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1889 kali

sahabat total episode 1