Amankah menggunakan Wi-fi Public ?

iToday - Wifi gratis khususnya di Indonesia pasti banyak akan kita temui di tempat-tempat public seperti hotel,perkantoran,bandara,restoran.Dan yang pastinya dengan kehadiran Wifi gratis ini akan menyenangan pelanggan untuk mengakses internet.Hal itulah yang harus selalu kita waspadai,Kenapa?

Berdasarkan Norton Cyber Security Insights Report tahun 2016 , sekitar 26% mengakui bahwa mereka terbiasa menggunakan jaringan Wi-Fi publik, dan secara umum, 77 persen orang Indonesia mengatakan bahwa Wi-Fi publik sangat bermanfaat untuk mengecek email, mengirimkan dokumen dan mengakses akun-akun media sosial secara cepat.

“Konsumen seringkali terlalu berpuas diri ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, dan meyakini bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi pada mereka,” ujar Nick Savvides, Security Advocate, Consumer Business Unit, Symantec.

Apa yang akan terjadi ? ketersediaan fasilitas hotspot WiFi gratis ini, ternyata akan membuat para hacker semakin kreatif memanfaatkan fasilitas tersebut. Dengan kecanggihan dan teknologi alat dan kemampuannya, para hacker akan  mampu mencuri data pribadi dari perangkat yang sedang mengakses hotspot WiFi tersebut dan kemungkinan menjual informasi di pasar gelap untuk mendapatkan keuntungan pribadinya. Bahkan terdapat laporan, sekitar 51 persen para pengguna hotspot WiFi tidak mampu mengidentifikasi apakah jaringan WiFi yang mereka gunakan cukup aman atau tidak.

Salah satu taktik umum lainnya, yang dikenal sebagai serangan titik akses tipuan, yaitu ketika penjahat cyber membuat jaringan Wi-Fi publik milik mereka sendiri dan mengarahkan pengguna untuk bergabung dengan jaringan tersebut. Pengguna pun akhirnya memberikan data pribadi mereka kepada penjahat cyber tersebut, dan setelah mereka terhubung dengan jaringan hotspot tipuan, mereka dapat diarahkan menuju situs-situs penipuan atau situs yang mengandung virus, atau

Norton by Symantec yang merupakan salah satu perusahaan penyedia keamanan cyber ternama dunia. Aplikasi ini  diklaim sebagai solusi yang mampu menghentikan para hacker agar tidak mampu mencuri informasi pribadi anda saat sedang mengakses jaringan WiFi public dari smartphone atau computer. Dan yang menariknya lagi, Norton WiFi Privacy akan mengamankan para penggunan dari serangan cyber.

“Norton Wi-Fi Privacy membantu melindungi beragam informasi, seperti password dan nomor kartu kredit, serta mencegah akses bagi para hacker yang mungkin sedang menyadap di jaringan yang sama.”kata Nick Savvides

Tips aman menggunankan hotspot umum adalah, jangan pernah meninggalkan laptop dan telepon genggam Anda tanpa pengawasan, jangan mengatur jaringan wireless Anda untuk secara otomatis, matikan fitur berbagi file/file sharing saat Anda menggunakan hotspot dan Jangan melakukan transaksi perbankan atau perdagangan secara. Selalu hindari menggunakan hotspot untuk melakukan segala jenis komunikasi atau transaksi yang penting.

Norton Wi-Fi Privacy tersedia untuk layanan berlangganan tahunan untuk 1, 5 atau 10 perangkat yang kompatibel dengan perangkat Windows, Mac, Android atau iOS. Harga Norton WiFi Privacy dimulai dari SGD 59.99/IDR 563.912. Layanan ini bisa didapatkan melalui https://id.norton.com.

 

 

 

 

 

 

 

Tags #norton

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 06 Maret 2017 - 09:36 WIB

Norton Wi-Fi Privacy melindungi beragam informasi

Sabtu, , 04 Maret 2017 - 08:30 WIB

Amankah menggunakan Wi-fi Public ?

Telah dilihat : 1472 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1424 kali

sahabat total episode 1