Snapdragon VS Mediatek, Mana Yang Lebih Unggul ?

iToday - Ibarat otak pada manusia, itulah bahasa pada prosesor di smartphone, semua kinerja yang dihasilkan adalah hasil proses dari prosesor. Karena dia adalah pusat / otak dari segala kinerja yang teroperasikan pada device tersebut.

Sejak tahun 2014, ada lima jenis chipset prosesor yang bisa kamu pilih, yaitu Qualcomm Snapdragon, MediaTek, Exynos, Intel Atom, dan NVIDIA Tegra. Oleh karena itu prosesor yang digunakan harus terjamin kinerja dan kualitasnya. Hal ini tentu menjadikan ajang persaingan antar pabrik prosesor demi menjadi yang terbaik dengan mengeluarkan produk-produk yang terus berkembang. Namun, chipset prosesor ponsel cerdas dominan memunculkan dua nama ini, Qualcomm vs MediaTek. Mana yang unggul ?

Karena, memilih smartphone atau tablet tidak hanya mengenai prosesor/CPU, tapi banyak hal lain yang bisa jadi acuan dalam memilih teknologi ponsel yang tepat dengan kebutuhan anda.

SNAPDRAGON

Chipset yang merupakan saingan terberat dari Exynos ini, juga banyak dipakai oleh smartphone masa kini. Bermain di semua level, bawah, menengah dan atas, prosesor Snapdragon ini laris manis dipakai oleh banyak pabrikan smartphone. Harga yang lebih murah dan performa gahar bahkan setara Exynos, menjadi nilai jual bagi para vendor untuk ‘meminangnya’. Mereka juga kerap kali melahirkan teknologi prosesor terbaru yang belum ada.

Snapdragon mempunyai tiga tipe prosesor, ada versi 400 untuk entry-level, 600 di kelas menengah, dan terakhir 800 pada jajaran flagship. Prosesor pabrikan Qualcomm ini merupakan yang paling baik dari sisi kinerja dan efisiensi. Ketahanan terhadap konsumsi daya baterai dan pengolahan grafis tinggi juga merupakan kelebihan dari Snapdragon.

MEDIATEK

Mencoba menyusup di tengah persaingan Snapdragon vs Exynos, MediaTek memberikan sebuah kejutan, saat beberapa waktu yang lalu mengeluarkan Chipset Helio X20, X25, dan X30 yang akan keluar tahun depan, bisa dibilang gila, karena memiliki 10 inti (core) yang pertama di dunia. Meski sempat melempem karena selalu bermain di jajaran bawah, akhirnya MediaTek menunjukkan taringnya saat mulai mengeluarkan prosesor seri P dan X.

Kini MediaTek pun cukup bisa dijajarkan dengan Snapdragon dan Exynos. Belum benar-benar bisa menyaingi kedua rivalnya tersebut, walaupun MediaTek mengklaim mereka lebih baik. Ya, pasalnya MediaTek belum mampu memaksimalkan kinerja dari chipsetnya, meski di seri X kekurangan itu tidak terlalu signifikan. Namun, dengan keseriusan dan optimisme yang diperlihatkan, bukan tidak mungkin di tahun mendatang MediaTek menjadi prosesor yang paling diunggulkan serta dapat menjadi kompetitor yang kuat lawan Exynos.

Oh ya, ada sebuah kelebihan dari MediaTek yang belum mampu diikuti pabrikan lain yaitu, harganya yang murah meski itu seri X. Lihat saja Xiaomi Redmi Pro yang mengusung Helio X25, dengan ‘mahar’ 3 hingga 4 juta kita sudah bisa merasakan performa flagship.

Jadi dari Perbedaan Qualcomm Dan Mediatek, Mana Yang Lebih Unggul? Jawabannya, tidak ada yang kalah dan menang, dan bedanya pada teknologi. Semakin canggih teknologinya, semakin baik kualitas smartphone, maka jelas semakin mahal harganya. Tapi, HP lebih canggih atau lebih mahal belum tentu kamu butuhkan. Maka, kamu sebagai pembeli harus jeli saat hendak membeli HP. Cek lebih dulu spesifikasinya.

Berbagai sumber

Tags #prosesor

Komentar

Artikel Terkait

Kamis, , 08 Juni 2017 - 13:40 WIB

Snapdragon VS Mediatek, Mana Yang Lebih Unggul ?

Telah dilihat : 1088 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1064 kali

sahabat total episode 1