Microsoft Bunuh OS Windows Phone, Android dan iOS Tak Ada Lawan

itoday - Microsoft memutuskan mematikan sistim operasi (OS) Windows Phone. Hal ini ditandai dengan keputusan perusahaan untuk tidak lagi mendukung Windows Phone 8.1, versi yang paling populer dari sistem operasi mobile-nya.

Padahal Windows Phone 8.1 berjalan di lebih dari 80% perangkat Windows Phone. Keputusan itu berdampak Microsoft tidak akan mendorong pembaruan apapun, baik patch keamanan, perbaikan bug, dan lainnya.

Ke depan, konsumen yang masih bertahan dengan handset yang menjalankan versi 8.1 atau versi yang lebih lawas akan kelimpungan. Kecuali ponsel mereka memiliki kemampuan mendapatkan pembaruan software OS lainnya.

Mengutip Gadget 360, Windows Phone 8.1 diadopsi oleh banyak perangkat, di antaranya Lumia 1520, Lumia 930, Lumia 830, dan Lumia 735. Sejatinya ponsel-ponsel tersebut dijadwalkan menerima OS Windows 10 Mobile, tapi akhirnya disarankan menerima software baru atau tidak memperbaruinya.

Sekadar informasi, dukungan untuk versi lama seperti Windows Phone 8 dan Windows Phone 7.x sudah berakhir pada bulan Januari 2016 dan Oktober 2014. Hingga akhirnya menyusul Windows Phone 8.1 pada Juli 2017.

Kematian Windows Phone mengikuti beberapa aplikasi populer, termasuk WhatsApp yang menghilang dari beberapa versi sistem operasi bergerak Microsoft itu selama dua tahun terakhir. Aplikasi Evernote juga menghapus aplikasinya dari Windows Phone Store pada awal Juli ini.

Dengan Microsoft memataikan OS Windows Phone, BlackBerry menyerah BBOS, Mozilla menyetop Firefox OS, maka tidak ada lagi yang bisa menghentikan laju duopoli OS Android dan iOS. Tahun lalu, CEO Microsoft, Satya Nadella mengakui, bahwa sekarang pihaknya lebih fokus untuk mengembangkan kategori baru.

Di bawah kepemimpinan Nadella, Microsoft telah mengalami perubahan besar, salah satunya membuat aplikasi yang layanannya tersedia di platform saingannya.  Microsoft diketahui terus kehilangan pasar Windows Phone. Misalnya pada 2016 tercatat OS ini hanya menikmati pasar smartphone 0,7%. Di tahun yang sama Microsoft menjual bisnis feature phone-nya ke Foxconn dan merumahkan 1.850 karyawan di bagian ponsel.



Sumber: Sindonews.com

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1315 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1266 kali

sahabat total episode 1