Negara Eropa Buru Pajak Google

itoday - Perusahaan raksasa teknologi Google kembali tersandung masalah pajak. Kali ini giliran pemerintah Prancis dan Jerman dilaporkan sedang berusaha mengejar pajak Google.

Pasalnya, Google dianggap tidak membayar pajak sesuai hasil keuntungan yang didapat. Bahkan kabarnya beberapa negara Eropa, sedang memikirkan cara agar perusahaan teknologi tersebut tidak hanya memusatkan bisnisnya di negara yang rendah pajak.

Menyikapi hal ini, Jerman dan Prancis telah melakukan musyawarah bersama yang membahas soal kebijakan pajak bagi perusahaan pada Juli 2017. Prancis bahkan akan mengusulkan regulasi pajak baru pada Uni Eropa pada September 2017.

"Eropa harus belajar untuk mempertahankan kepentingan ekonominya dengan lebih tegas. China telah melakukannya, Amerika Serikat juga telah melakukannya," kata Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire, dikutip dari Engagdet, Rabu (9/8/2017).

"Anda tak bisa mengambil keuntungan dari usaha bisnis di Prancis atau Eropa tanpa membayar pajak dibandingkan perusahaan lain (di Prancis dan Eropa),” tambahnya.

Le Maire meyakini bila Prancis dan Jerman menetapkan tarif pajak secara bersama, negara-negara di Uni Eropa lainnya bakal mengikuti langkah tersebut.

Tak hanya Google, kedua negara tersebut juga tengah menagih pajak terhadap Apple, Facebook dan Amazon terkait masalah serupa. 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 1102 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1077 kali

sahabat total episode 1