Facebook Diam-diam "Menyusup" ke China Lewat Aplikasi Lain?

itoday - Mark Zuckerberg sudah melakukan segala upaya, termasuk bertemu muka dengan politisi China dan belajar bahasa Mandarin. Akan tetapi pemerintah Negeri Tirai Bambu tetap bergeming. Facebook masih diblokir hingga kini di China.

Mungkin lantaran itu Facebook diduga sedang coba-coba atau "menyusup" kembali ke China dengan cara lain, yakni merilis aplikasi lain yang tidak mengusung nama “Facebook”.

Bernama Colorful Balloons, aplikasi tersebut merupakan layanan berbagi foto yang tampilan dan fungsinya mirip dengan aplikasi Moments besutan Facebook.

Bedanya dengan Moments (selain nama), Colorful Baalloons tidak menghubungkan pengguna lewat Facebook, melainkan jejaring sosial terbesar di China, WeChat.

Aplikasi ini membuat kolase dari foto-foto di album ponsel. Pengguna kemudian bisa membagikannya lewat QR code yang ramai digunakan di WeChat dan aplikasi-aplikasi lain di China.

Menurut keterangan sumber yang dirangkum KompasTekno dari The New York Times, Rabu (16/8/2017), Colorful Balloons dirilis melalui perusahaan lain bernama Youge Internet Technology.

Kalau benar Colorful Balloons dibuat oleh Facebook, maka raksasa jejaring sosial itu mengambil risiko konflik dengan otoritas China karena diam-diam merilis produk tanpa pengumuman secara publik. Boleh jadi juga Facebook sedang "testing the water" alias bereksperimen untuk melihat respons dari pemerintah negeri tersebut.

Tak jelas apakah regulator internet di China mengetahui keberadaan aplikasi Colorful Balloons atau tidak. Kebijakan sensor internet Negeri Panda yang ketat telah menyebabkan hengkangnya raksasa-raksasa teknologi barat seperti Google.

Facebook sendiri sudah diblokir di China sejak 2009 karena dituding menjadi medium koordinasi untuk pelaku kerusuhan di propinsi Xinjiang tahun itu. Instagram menyusul diblokir pada 2014. Kemudian, bulan lalu WhatsApp turut diblokir sebagian. 

Komentar

Artikel Terkait

Sabtu, , 23 September 2017 - 00:33 WIB

Facebook Uji Tombol "Pembungkam Teman" yang Menyebalkan

Jumat, , 22 September 2017 - 14:54 WIB

Google dan Samsung Jadi Incaran Hacker CCleaner

Selasa, , 19 September 2017 - 15:15 WIB

Google Kasih Jalan Pengiklan yang Sasar Kelompok Rasis

Telah dilihat : 1315 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1266 kali

sahabat total episode 1