Senjata Baru Google Lawan Amazon dalam Perang Cloud

itoday - Google mungkin kalah dari Amazon dalam perang cloud, tetapi raksasa mesin pencarian ini memiliki senjata baru. 

Senjata baru Google itu merupakan Kubernetes, sebuah proyek software yang dimulai sebagai cara bagi Google untuk mengelola infrastruktur servernya yang masif dan sejak saat itu menjadi alat pengembang software modern.

Mitra baru Google, VMware dan Pivotal, yang merupakan spin-off dari VMware senilai USD2,8 miliar. Bersama, ketiga perusahaan itu berencana untuk mempromosikan Kubernetes ke perusahaan besar dengan pusat data mereka sendiri. 

Kemitraan yang diumumkan pada 29 Agustus 2017 berpusat di Pivotal Container Service (PKS), yang menjanjikan untuk memudahkan perusahaan untuk menggelar Kubernetes. PKS memungkinkan pengembang membuat aplikasi yang mudah dipasang di server, yang menjalankan software VMware atau berjalan di cloud Google. 

Dari kesepakatan ini, Google mendapatkan akses ke pelanggan VMware, yang mencakup banyak perusahaan terbesar di dunia. Sementara itu, VMware akan memberi pelanggannya akses mudah ke awan Google, termasuk semua layanan kecerdasan buatan mutakhir untuk pengembangan software. 

Dasar Kubernetes merupakan pengembangan teknologi yang trendi yang disebut software containers, yang dipelopori oleh Docker, startup senilai USD1 miliar. Container merupakan kotak metafora yang rapi, di mana pengembang bisa mengemas program software mereka, seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (30/8/2017). 

Mereka memastikan aplikasi berjalan dengan cara yang sama terlepas dari komputer yang menjalankannya, baik itu laptop, server, pusat data, atau platform awan. Kubernetes muncul sebagai cara yang paling populer untuk mengelola Containers tersebut.

Komentar

Artikel Terkait

Jumat, , 19 Januari 2018 - 00:40 WIB

Google Tanam Modal, Valuasi Go-Jek Capai Rp 53 Triliun?

Jumat, , 19 Januari 2018 - 00:35 WIB

Menkominfo Minta Google Blokir Aplikasi LGBT

Telah dilihat : 2384 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 2362 kali

sahabat total episode 1