Kemenkominfo Blokir Game “Fight of Gods” di Indonesia

itoday - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta platform gaming Steam untuk melakukan geo-blocking terhadap game berjudul Fight of Gods, yang dalam Bahasa Indonesia berarti Pertarungan Tuhan.

Game tersebut sedang menjadi kontroversi di sejumlah negara. Salah satunya adalah Malaysia, yang langsung memblokir Steam begitu mengetahui adanya permainan tersebut.

Alasan pemblokiran tersebut adalah permainan Fight of Gods dianggap melecehkan berbagai agama, karena menampilkan pertarungan dengan tokoh religius seperti Zeus, Anubis, Buddha, dan Yesus.

Indonesia pun tak kalah cepat dalam memblokir game Fight of Gods. Kementerian Kominfo mengatakan telah mengajukan surat pemblokiran agar permainan itu tidak bisa diakses oleh pengguna yang ada di Indonesia.

“Kemarin sudah mengirimkan surat ke publisher game-nya (Steam). Kami meminta agar membuat (Fight of Gods) tidak dapat diakses oleh pengguna di Indonesia,” terang Juru Bicara Kemenkominfo, Noor Iza, saat dihubungi KompasTekno, Kamis (14/9/2017).

“Kami beri tenggang waktu 2x24 jam. Tapi kalau sekarang sih sepertinya game itu sudah tidak bisa diakses,” imbuhnya.

Dianggap bisa menimbulkan gesekan SARA

Sementara Dirjen Aptika Kemenkominfo, Samuel Abrijani Pangerapan saat dikonfirmasi mengatakan, jika Steam tidak memenuhi permintaan Kemenkominfo, maka pihaknya akan memblokir distributor channel Steam di Indonesia.

"Game ini tidak layak untuk konsumsi masyarakat Indonesia, kita adalah bangsa yg beragama. Simbol2 agama bukan untuk dipermainkan, apalagi pdiertarungkan," kata pria yang kerap disapa Semmy itu.

"Ini bisa menimbulkan gesekan yang berbau SARA," imbuhnya.

Selain Malaysia dan Indonesia, pemblokiran game Fight of Gods juga telah terjadi di Thailand. Pemerintah Negeri Gajah Putih itu meminta agar Steam menarik permainan itu dari peredaran.

Sekadar diketahui, Fight of Gods merupakan permainan yang dibuat oleh pengembang game independen, PQube. Ini merupakan game aksi pertarungan yang tokoh-tokohnya menggunakan berbagai simbol agama.

 

 

Sumber: Kompas

Komentar

Artikel Terkait

Minggu, , 12 November 2017 - 01:13 WIB

Kominfo Blokir 806.000 Website Berkonten Negatif

Senin, , 16 Oktober 2017 - 01:14 WIB

Qualcomm Berupaya Blokir iPhone di China

Selasa, , 26 September 2017 - 10:37 WIB

China Resmi Blokir WhatsApp

Telah dilihat : 1735 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1695 kali

sahabat total episode 1