Uber Sepakat Jual Saham Rp 135 Triliun ke SoftBank

itoday - Penyedia layanan ride-sharing asal Amerika Serikat (AS), Uber, telah sepakat menjual sahamnya kepada perusahaan telekomunikasi dan internet Jepang, SoftBank Group. Dengan penjualan saham itu, Uber berharap mendapat pendanaan hingga 10 miliar dollar AS (setara Rp 135 triliun).

Dalam kesepakatan yang ditandatangani pada Minggu (12/11/2017) itu, konsorsium investor yang dipimpin SoftBank akan membeli 14 persen saham. Saham tersebut merupakan kombinasi yang sudah ada dan saham baru yang akan diterbitkan.

Menurut sumber yang dekat dengan permasalahan ini, dari nilai 10 miliar dollar AS tersebut, 1 miliar dollar AS bakal dibayar SoftBank secara tunai untuk pembelian saham baru. Sementara 9 miliar dollar AS sisanya untuk membeli saham existing.

Softbank bakal membeli saham existing Uber dengan cara tender offer, yang membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk selesai. Selama proses tersebut, harga saham existing Uber juga bakal ditentukan. Sebagai bagian dari kesepakatan, SoftBank juga bakal mendapatkan dua jabatan kursi direksi Uber.

Jika investor enggan menjual saham mereka, dan SoftBank tidak bisa memenuhi ambang 14 persen kepemilikan Uber, maka SoftBank bakal mundur dari kesepakatan.

"Kami percaya kesepakatan ini menunjukkan kuatnya potensi jangka panjang Uber. Saat selesai nanti, investasi ini akan membantu investasi kami dalam teknologi dan ekspansi di dalam dan luar negeri, sembari memperkuat korporasi," kata Matt Kallman, juru bicara Uber, seperti diansir dari Tech Crunch, Senin (13/11/2017).

Uber sebenarnya sedang tidak dalam posisi membutuhkan suntikan dana. Namun investasi dari Softbank ini bakal membuat investor lain menjual sahamnya, sehingga Uber bisa mendapatkan untung besar.

Uber menjadi perusahaan ride-sharing terbaru yang diinvestasi SoftBank. Sebelumnya, SoftBank juga telah menanamkan investasi di perusahaan ride-hailing lain, seperti Didi Chuxing di China, Ola di India, Grab di Asia Tenggara, dan 99 di Brasil.

 

Sumber: Tech Crunch

 

Komentar

Artikel Terkait

Senin, , 13 November 2017 - 14:35 WIB

Uber Sepakat Jual Saham Rp 135 Triliun ke SoftBank

Kamis, , 12 Oktober 2017 - 11:37 WIB

Grab, Go-Jek, dan Uber Dilarang di Bandung

Kamis, , 06 Juli 2017 - 00:55 WIB

Mantan Bos Uber Dituding Curi Data Google

Telah dilihat : 1695 kali

sahabat total episode 2

Telah dilihat : 1653 kali

sahabat total episode 1