Wisma Atlet Kemayoran Dibiarkan Kosong, Ini Sebabnya

Hasil gambar untuk foto gedung wisma atlet kemayoran

Itoday - Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, telah dibiarkan kosong selama setahun lebih. Paska gelaran Asian Games dan Asian Para Games 2018, hunian ini ditinggalkan para atelt sebagai penghuninya.

Semenjak saat itu deretan hunian tinggi menjulang berwarna-warni kosong tanpa penghuni. Simpang siur informasi pun bermunculan soal pemanfaatan Wisma Atlet usai Asian Games. Wisma Atlet pernah dikaitkan untuk menjadi rumah susun sewa MBR.

Namun, keputusan akhirnya Wisma Atlet bakal dijadikan hunian untuk para abdi negara. Pegawai Negeri Sipil akan diizinkan untuk menyewa unit di Wisma Atlet.

"Yang di Kemayoran sudah jelas diperuntukkan rumah ASN. Itu sewanya untuk ASN aktif saja," kata Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Encep Sudarwan, dalam sebuah diskusi, Rabu (14/8/2019) yang lalu.

Untuk itu, aset Wisma Atlet akan diserahterimakan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menuju Sekretariat Negara (Setneg).

Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyatakan saat ini Kementerian PUPR dan Sekretariat Negara masih melakukan pendataan aset yang ada di Wisma Atlet Kemayoran.

Hal tersebut membuat hunian ini belum dapat difungsikan sebagaimana tujuannya karena aset bangunannya sendiri belum diserahterimakan ke sang pemilik, yakni Sekretariat Negara.

"Kami harap serah terima aset BMN Wisma Atlet Kemayoran kepada Setneg bisa segera terlaksana dalam waktu dekat," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangannya, dikutip Minggu (26/1/2020).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebelumnya enggan mengatakan apakah Wisma Atlet jadi digunakan untuk PNS. Peruntukannya sendiri akan diputuskan ke Sekretariat Negara (Setneg) selaku pemilik aset.

"Sebetulnya kalau itu tanyanya ke Setneg. Kemarin dirapatkan baru mulai regulasinya. Apakah ini untuk rumah dinas, apakah dijual, apakah disewakan," katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (23/1/2020).

 

sumber berita / foto :detikfinance/tribunnews.com

Komentar

Artikel Terkait