Kettlebell: Bakar Lemak dan Membentuk Otot Secara Bersamaan

itoday - Kettlebell merupakan alat beban yang kerap digunakan dalam latihan fisik di pusat kebugaran atau di rumah. Dengan mengayunkan beban, banyak manfaat kesehatan yang didapat di antaranya terbakarnya lemak, terbentuknya otot dan kuatnya punggung bawah dan belakang.

Kettlebell jadi satu alat olahraga yang paling efektif untuk melatih banyak otot dalam satu waktu. Penggunaannya pun lebih sederhana dibandingkan dengan mesin-mesin olahraga yang biasa sering kamu temukan di gym. Kalau kamu ingin membeli satu alat olahraga untuk diletakkan di rumah, pilihan terbaik adalah kettlebell.

Nah, apa saja keuntungan olahraga dengan mengggunakan kettlebell? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Latihan Otot yang Luar Biasa

Saat kamu melakukan kettlebell swing, detak jantung pun akan terpompa dengan cepat seperti saat kamu melakukan latihan jumping jack. Dari sebuah studi yang dilakukan oleh American Council on Exercise (ACE), melakukan kettlebell swing dengan menggunakan bobot dan kecepatan yang tepat bisa membakar 20 kalori dalam semenit.

Jumlah yang sama seperti saat kamu mengikuti kelas kardio di gym. Bedanya, kettlebell kamu mendapatkan bonus otot yang terlatih. Jadi, kalau ada orang yang bertanya, kamu latihan strength atau kardio hari ini? Kamu bisa jawab dua-duanya. Dengan begitu juga, kamu lebih mengirit waktu dalam membentuk tubuh.

2. Melatih Banyak Otot Sekaligus

Dumbbell melakukan pekerjaannya dengan baik pada satu otot. Kamu bisa mengisolasi latihan pada satu area yang lebih spesifik. Namun, kettlebell melakukan tugasnya lebih baik sedikit dengan melatih banyak otot dalam satu gerakan.

Dengan satu gerakan yang tepat, kamu sudah melatih seluruh otot tangan, mulai dari otot telapak, lengan, sampai dengan bisep dan trisep. Bukan hanya itu, paha, baik paha belakang maupun depan, pun akan merasakan terlatih dengan sempurna.

Kettlebell juga membuat kamu mendapatkan latihan yang dinamis. Sebut saja Turkish get-up. Gerakan ini bisa dibilang cukup sulit, tapi melatih bagian yang penting juga. Kamu harus memulai gerakan dari posisi duduk dengan satu tangan mengangkat kettlebell hingga lurus.

Gerakan dilanjutkan dengan berdiri sambil tangan masih memegang kettlebell di posisi yang sama. Masih banyak lagi gerakan dinamis yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan kettlebell.

3. Cocok untuk Melatih Fungsi Tubuh

Kettlebells merupakan alat olahraga yang bagus untuk menambah pernapasan dan daya tahan otot. Pastinya kamu harus menjaga napas dengan baik dan menjaga koordinasi antara satu otot dengan otot lainnya. Coba saja lakukan satu tangan kettlebell swing dan rasakan apa yang harus tangan kamu koordinasikan dengan tubuh lainnya.

Banyak ekspert juga meyakini melakukan gerakan yang melibatkan banyak otot dan keseimbangannya juga bagus untuk otak. Semakin sering otak bekerja untuk mengoordinasikan sejumlah otot tubuh, semakin berkurang juga risiko kematian sel-sel otak.

Bentuk kettlebell cukup simpel dan tidak terlalu makan tempat. Dengan alasan itu saja, kamu sudah bisa tahu kalau sebenarnya alat olahraga yang satu ini memang bisa digunakan di rumah. Dengan bentuknya yang simpel itu juga, kamu pun bisa dengan mudah menyimpannya di lemari atau sudut ruangan tanpa mengganggu mobilitas di dalam rumah.

Bagaimana dengan penggunaannya?

Memang kamu butuh space yang lebih karena beberapa gerakannya harus mengayun. Namun, tidak butuh ruangan khusus seperti menggunakan treadmill. Kamu bisa melakukannya di halaman depan rumah kalau takut beberapa perabotan rumah rusak karenanya.

 

Sumber berita : timesindonesia.co.id / foto : itjeher.com

Komentar

Artikel Terkait