3 Kesalahan di Pagi Hari yang Bikin Perut Susah Sixpacks

itodayMetabolisme tubuh dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk usia, berat badan, dan genetik atau bawaan. Meski 3 faktor tersebut tidak bisa terhindari, ada beberapa faktor lain yang sama-sama berpengaruh dalam proses metabolisme tubuh di pagi hari.

Apalagi kamu yang sedang dalam program diet, 3 hal seperti berikut perlu kamu hindari, dikutip dari Health :

1. Telat makan

Makan terlambat atau melewatkan sarapan akan mengganggu metabolisme tubuh. Ketika tubuh belum mendapat asupan makanan di pagi hari, otak mengirimkan pesan ke seluruh tubuh untuk menghemat energi, seperti memberi isyarat untuk menahan lemak yang disimpan, padahal ingin disingkirkan. Maka dari itu, disarankan untuk makan satu jam setelah bangun tidur, hal ini disebut dapat memicu proses metabolisme yaitu 'termogenesis' yang mengubah makanan menjadi energi.

2. Tidak berolahraga

Penelitian menunjukkan olahraga pagi dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan waktu lain. Jika kamu ingin maksimal dalam membakar kalori di pagi hari, sebaiknya lakukan kardio dengan intensitas tinggi, karena terbukti bisa membakar kalori hingga 200 kalori.

3. Tidak mengonsumsi makanan yang kaya zat besi

Makanan yang mengandung zat besi diperlukan untuk membawa oksigen yang dibutuhkan otot untuk membakar lemak, demikian menurut Tammy Lakatos, RD, pakar diet dari Georgia State University.

Apalagi, perempuan akan kehilangan zat besi setiap bulan ketika menstruasi. Nah, kalau kamu tidak memasok kembali simpanan zat besi dalam tubuh, kamu akan berisiko kehilangan energi dan memperlambat metabolisme. Tambahkan zat besi untuk menu sarapanmu, seperti daging sapi tanpa lemak, bayam, atau kacang-kacangan.

 

Sumber berita : health.detik.com / foto : idntimes.com

 

Komentar

Artikel Terkait

Telah dilihat : 91 kali

Latihan SOAL UN IPA SD bagian 6

Telah dilihat : 105 kali

Misteri Mustika Situ Angker Cibinong