Begini Pendapat Sinta Nuriyah Istri Gus Dur Tentang Jilbab

Hasil gambar untuk foto sinta nuriyah

Itoday - Istri Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah mengatakan, perempuan muslim tak wajib menggunakan jilbab. Mendengar hal itu, Deddy Corbuzier yang menjadi host dalam video berjudul Kontroversi Jilbab, Ibu Sinta Nuriyah Mengenang Gusdur di kanal Youtube miliknya mengaku terkejut.

Istri Gus Dur pada awalnya hanya menyoroti ada miskonsepsi tentang jilbab yang berkembang saat ini. Dalam pengertian jilbab dan hijab, ada kesalahan yang umum terjadi dalam pemahaman masyarakat.

"Istilah jilbab dengan hijab itu beda sekali pengertiannya. Kalau jilbab itu untuk menutup kepala, hijab itu pembatas. Karena hijab itu pembatas, maka bahannya dari bahan keras seperti kayu dan sebagainya. Kalau jilbab itu barang-barang yang tipis seperti kain dan sebagainya. Itu saja sudah kesalahan," kata Sinta dalam video yang diunggah di kanal Youtube Deddy Corbuzier, Rabu (15/1/2020).

"Apakah semua orang Islam itu harus memakai jilbab? Tidak juga. Kalau kita mengartikan ayat dalam Alquran itu secara benar," kata Sinta.

"Kok berani ibu mengatakan seperti itu?" tanya Deddy.

"Berani, karena Alquran saya artikan kontekstual. Orang menerjemahkan ayat-ayat [Alquran] itu harus memenuhi beberapa persyaratan. Harus menguasai alat-alatnya, dari segi budayanya gimana, semuanya harus ada. Kalau tidak memenuhi persyaratan, ya enggak bener mengartikannya," jawab Sinta.

Seperti dilansir dari Solopos, putri bungsu Sinta Nuriyah dan Gus Dur, Inayah Wulandari atau Inayah Wahid, juga menambahkan penjelasan bahwa menjadi seorang penafsir Alquran harus mempunyai berbagai persyaratan yang begitu komplet. Tidak ada satupun persyaratan itu yang boleh terlewatkan.

"Penafsir harus banyak persyaratan yang sangat komplet, enggak boleh orang menafsirkan sembarangan apalagi hanya bermodalkan Google. Sekarang kan banyaknya kemudian ikutnya Ustaz Al-Googlia. Ngajinya di Google. Enggak gitu, kalau ahli tafsir harus punya basic dan ilmunya yang sangat tinggi," tambah Inayah.

Sadar akan diserang oleh berbagai pihak. Inayah mengaku sudah biasa mendapatkan perlakuan seperti itu. Bahkan, hingga saat ini dia tidak mengungkapkan alasan dirinya tidak menggunakan jilbab.

 

sumber berita/foto : muslim.okezone.com/Jateng.suara.com

Komentar

Artikel Terkait