‘Bingung’ Cara Evakuasi WNI di Wuhan, Menkes Terawan Diminta Tak Malu Minta Bantuan FPI

itoday - WNI yang masih terjebak di Wuhan, Tiongkok akibat wabah virus Corono, meminta untuk segera dievakuasi. WNI yang terjebak kebijakan isolasi (locked down) berjumlah 93, di mana sebagian besar mahasiswa.

Menkes Terawan Agus Putranto mempertanyakan cara evakuasi WNI di Wuhan mengingat kebijakan locked down. 

“Caranya evakuasi bagaimana? Pertama, ya kita sudah tahu bahwa kota itu sudah di locked down. Artinya enggak boleh ada yang masuk dan keluar. Perlu Koordinasi yang baik, kalaupun mereka (WNI di Wuhan) keluar harus di-declare betul-betul, diperiksa dengan lengkap bahwa ini sudah bebas (Corona),” kata Terawan dalam rapat koordinasi di Kementerian Perhubungan (27/01).

Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie meminta Menkes Terawan untuk berkonsultasi dengan Menlu Retno Marsudi. “Pak MenKes sebaiknya konsultasi dengan Ibu @Menlu_RI. Cc @KemenkesRI,” tulis Alvin di akun Twitter @alvinlie21 menanggapi tulisan bertajuk “WNI di Wuhan Minta Pulang, Menteri Terawan: Cara Evakuasinya Gimana?”.

Sementara penulis senior Zarra Zettira berharap Pemerintah RI bertanya ke Jerman dan Jepang yang berhasil mengevakuasi warganya dari Wuhan.

“Tanya sama Jerman dan Jepang Bu bagaimana cara evakuasi kok mereka bisa, kita yang katanya “bersahabat” dengan China kok lemot? Menkes Terawan masih bingung cara evakuasi pula. 

Buatlah kepastian agar redam kepanikan. Panik karena merasa tak ada tindakan yang signifikan,” tulis Zarra di akun @zarazettirazr.

Senada dengan Zarra, praktisi bisnis Yayat Imam Hidayat mengusulkan agar Pemerintah RI mengontak negara sahabat yang juga mau mengevakuasi warganya. “Kontak negara sahabat yang juga mau evakuasi warga mereka dari Wuhan tanya bisa nebeng gak,” tulis Yayat di akun @yayatjakarta.

Politisi Gerindra Iwan Sumule tak habis pikir dengan sikap Menkes Terawan dan Menlu Retno. Mengapa Pemerintah RI tidak juga melakukan evakuasi WNI sebagaimana dilakukan oleh sejumlah negara.

“Sungguh disesalkan, kenapa pemerintah Indonesia tak melakukan hal yang sama yang dilakukan pemerintah Jerman. Mosok karena stok logistik masih mencukupi, sehingga belom dievakuasi. Terlalu.  Mungkin imbauan berdoa Menkes Terawan dianggap cukup untuk tangkal #VirusCorona. Iya gak sih?,” tulis Iwan di akun @IwanSumule86.

Sindiran keras pun dilontarkan kriminolog Mustofa Nahrawardaya. Mustofa meminta Menkes Terawan untuk meminta bantuan FPI agar mencari solusi evakuasi WNI di Wuhan. “Suruh FPI cari solusinya. Insya Allah ketemu. Jangan malu,” sindir Mustofa di akun @TofaTofa_id.

Akun @IntelijenF melontarkan pertanyaan yang lebih keras. “Ini mentri? Kualitas menteri Era jokowi?  Gunamu digaji apa?,” tulis akun @IntelijenF.

Komentar

Artikel Terkait