Puan Maharani Dapat Gelar Doktor HC dari Undip, Pengamat: Apa Prestasi Akademis dan Politik Puan?

itoday - Kira-kira apa saja prestasi akademis dan prestasi politik Puan Maharani sehingga layak menyandang gelar yang maha berat, doktor honoris causa (HC).

Pertanyaan itu dilontarkan pengamat  politik Yusdi Usman menanggapi penganugerahan gelar doktor HC untuk Puan Maharani dari Universitas Diponegoro.

Undip memberikan gelar Doktor HC Bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Manusia kepada Puan Maharani di Gedung Prof. Soedarto, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah (14/02).

“Selamat untuk Mba Puan Maharani atas gelar Doktor HC dari Undip. Kira-kira, apa prestasi akademis dan prestasi politik yang membuat Mba Puan layak menyandang gelar maha berat ini?,” tanya Yusdi di akun Twitter @yusdiusman.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa Puan memberi bukti bahwa jalan budaya adalah salah satu cara berpolitik yang baik.

“Mbak Puan memberi bukti bahwa jalan budaya adalah salah satu cara berpolitik yang baik. Penganugerahan Doktor Honoris Causa bidang Kebudayaanndan Kebijakan Pembangunan dari Undip adalah prestasi membanggakan bagi semua kader PDI Perjuangan. #JejakBudayaMbakPuan,” tulis Hasto di akun @66Hasto.

Rektor Undip, Yos Johan Utama mengungkapkan, pemberian gelar tersebut semata untuk mengapresiasi kerja nyata yang pernah dilakukan Puan selama menjadi Menko PMK.

"Karena kita mempertimbangkan atas usulan masyarakat, tokoh-tokoh politik sekaligus melihat jasa yang pernah dilakukan semasa jadi menteri, maka kita berikan penganugerahan gelar kehormatan kepada Beliau," kata Yos seperti dikutip IDN Times (14/02).

"Penganugerahan gelar doktor honoris causa kepada Ibu Puan satu hal yang bukan main-main. Sejak 63 tahun Undip berdiri baru ada 13 orang yang diberikan honoris causa, makanya prosesnya agak lama, terukur, kredibel, akurat," tambah Yos Johan Utama.

Pertama kali yang mengusulkan gelar doktor HC untuk puan adalah Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Budaya (IKA FIB). Selain itu, gelar yang didapat oleh Puan merupakan rekomendasi dari Menko PMK  Muhajir Effendy, DPP IKA FIB, Mahfud MD, FK METRA dan budayawan Mohammad Sobary.

Undip menganggap Puan telah berkontribusi signifikan terhadap kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan bangsa, negara dan umat manusia, sebagai pemimpin lembaga negara, sebagai Menko PMK maupun Ketua DPR RI. 

Komentar

Artikel Terkait